Minggu, 30 April 2017

Etika dan Profesionalisme TSI

Jelaskan motif-motif yang mendasari penyalahgunaan etika dalam teknologi informasi sehingga menyebabkan seseorang atau pihak lain terganggu!

Motif Intelektual
Kejahatan yang dilakukan untuk kepuasan diri pribadi pelaku, sekaligus membuktikan kemampuan yang telah dimiliki bahwa telah dapat merekayasa dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam bidang teknologi informasi.

Motif Ekonomi
Kejahatan dengan motif ini semata-mata dilakukan untuk memperoleh keuntungan secara finansial sebanyak-banyaknya.

Etika Profesi
Kejahatan yang dilakukan oleh suruhan suatu organisasi politik sehingga mendapatkan pamor dan kredibilitas yang meningkat daripada pesaingnya.

Motif Kriminal
Untuk motif ini adalah murni tindakan kejahatan yang ditujukan terhadap pihak lain yang menjadi sasaran dalam aksi yang dilakukan.

Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi gangguan akibat penyalah gunaan etika dalam teknologi system informasi?

Perlu adanya kesadaran dari masing-masing pihak agar dapat memegang kode etik saat memanfaatkan teknologi informasi, danya kerjasama dari pemerintah dengan warga untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan dunia maya yang menjadi momok baru dalam kehidupan modern saat ini.Dengan dibentuknya hukum yang menjerat seberat-beratnya pelaku kejahatan dalam dunia maya, maka kegelisahan dalam hal pemanfaatan teknologi informasi akan berkurang dan bahkan hilang.

Sebutkan dan jelaskan salah satu contoh kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penyalah gunaan etika dalam teknologi informasi!

Kasus penipuan jual beli di forum
Pembajakan film



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com